Seminar Ekonomi Syariah

Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Pelita Bangsa Gelar Seminar Ekonomi Syariah

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Kelompok Studi Ekonomi Islam Sharia Economics Forum (KSEI SErum) STAI Pelita Bangsa telah menyelenggarakan seminar dengan tema “Bersama Membangun Negeri dengan Zakat dan Pajak” pada Minggu 29 November 2020 yang bertempat di Universitas Pelita Bangsa Bekasi.

Seminar yang dihadiri oleh sekitar 150 peserta ini menghadirkan 2 pembicara, adalah H.Abdul Azis HN.,S.T. selaku Ketua BAZNAS Kabupaten Bekasi serta Prima Robby S.E., M.Han. selaku ASN Kementerian Keuangan RI. Dengan Moderator Riana Ayu Puspitasari S.E. yang merupakan Alumni STAI Pelita Bangsa.

Seminar Ekonomi Syariah diadakan sebagai media sosialisai dan edukasi tentang Zakat dan Pajak di STAI Pelita Bangsa. Dengan harapan mampu meningkatkan pemahaman mahasiswa serta menumbuhkan kesadaran mengenai pentingnya membayar Zakat dan Pajak.

Acara ini diawali dengan pemaparan oleh Bapak H.Abdul Azis HN.,S.T. yang menyampaikan tentang salah satu Visi dan Misi BAZNAS Kabupaten Bekasi, yaitu menjadi badan amil zakat yang amanah, transparan dan profesional. Serta mengoptimalisasikan pengentasan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bekasi. Terdapat beberapa program unggulan yang telah dilaksanakan oleh BAZNAS Kabupaten Bekasi, diantaranya Bekasi Peduli, Bekasi Cerdas, Bekasi Taqwa, Bekasi Sehat dan Bekasi Mandiri.Tentu saja program-program ini dapat terlaksana karena dukungan penuh dari para Muzzaki.

Materi kedua disampaikan oleh Bapak Prima Robby S.E., M.Han. dengan mengangkat topik: Mekanisme pengelolaan APBN dari rakyat – oleh rakyat – untuk rakyatDi bidang ekonomi alokasi dana ini digunakan untuk pencapaian sasaran diantaranya : mendukung ketahanan pangan melalui peningkatan produksi pangan dan pembangunan sarana dan prasarana pertanian, mendukung pembangunan sarana dan prasarana transportasi darat, laut, dan udara, mendukung pengembangan telekomunikasi dan informatika, serta meningkatkan akses permodalan dan daya saing UMKM serta koperasi.

Selain pemaparan materi dari para narasumber, seminar ini juga diisi dengan penandatanganan MoU (Memorandum of  Understanding) antara BAZNAS dan STAI Pelita Bangsa. Tak lupa pentas seni dari para mahasiswa STAI Pelita Bangsa serta games yang menambah meriah suasana seminar.

RED; Ayu Tanti Hidayati Mahasiswi Ekonomi Syariah STAI Pelita Bangsa

Dokumentasi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *